BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, Januari 23, 2010

Konsep Teknologi Komputer Masa Depan

Pernah terbayang anda memiliki komputer tanpa monitor dan jari-jari anda digunakan sebagai mouse? Tinggal klik dengan menyentuhkan jempol atau telunjuk ke object. Monitor menggunakan proyektor yang disorotkan kemana saja. Ke dinding, ke kertas, atau cukup ke telapak tangan. Di ransel atau kantong celana ada cpu pocket yang terhubung dengan jaringan internet. Tidak seperti Microsoft surface yang tidak portable, konsep ini justru mengutamakan mobilitas pengguna.
Konsepkomputer masa depan ini telah dirancang oleh mahasiswa MIT. Konsepnya adalah membuat dunia nyata dan digital terintegrasi. Mirip cerita film Minority Report. Jadi membuat hidup anda sehari-hari menjadi komputer anda dan sebaliknya. Misalnya anda menemukan tulisan menarik di majalah yang anda baca. Dengan alat ini cukup menunjuknya



dan memungutnya



(benar-benar memungut) kemudian anda letakkan dan buka di wordprocessor anda atau di blog anda yg tengah anda sorotkan di selembar kertas.
Kemudian anda menemukan object foto menarik. Yang anda lakukan adalah memotretnya dengan menggunakan … jari tangan anda.




Ingin menelepon ? Gunakan telapak tangan anda sebagai dial pad.


Ingin menonton berita ?
Ambil koran terbaru, membaca plus menyaksikan video tentang headline berita terbaru bisa anda lakukan.


Bagaimana jika konsep komputer tanpa monitor ini di gabungkan dengan komputer sper mini hasil pengembangan sebuah lembaga penelitian.?



Sebuah proyek yang bisa dikatakan super dahsyat dirancang oleh EMES Nanoscience and Picotechnology Group (GNS) (jika diindonesiakan artinya grup teknologi dan ilmu pengetahuan dengan ukuran kecil). Bagaimana tidak dikatakan super dahsyat jika mereka berencana membuat komputer dengan ukuran sebesar molekul.
Saat ini mereka telah berhasil merancang gerbang logika dengan 30 buah ATOM (yak, atom yang ukurannya super duper kecil itu) yang hasilnya sama dengan menggunakan 14 buah transistor.
Di masa depan, mereka akan melakukan menyusun arsitektur, teknologi, dan bahan kimia yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan komputer ukuran kecil tersebut.
Yang jelas, komputer berukuran kecil ini akan lebih banyak digunakan untuk kepentingan industri, terutama untuk menekan biaya (cost).
Penggabungan kedua model konsep komputer masa depan ini akan menghasilkan teknologi komputer yang mobile, hemat tempat, dan tentunya super canggih. Kapan ya bisa terwujud???

0 komentar: